-->

    • >
    • 08 December 2012

      Menelan Vicks Vaporub, Bahayakah?

      Vicks Vaporub merupakan salah satu produk dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat karena flu atau demam. Penggunaannya dengan cara dihirup dan hanya boleh digunakan di luar tubuh. Tidak boleh dipanaskan, tidak boleh dioleskan pada hidung, dan tidak boleh digunakan pada anak usia di bawah 2 tahun.
      Kandungannya terdiri dari 3 macam senyawa aktif yaitu camphor, menthol, dan minyak eukaliptus. Camphor (kamfer) adalah senyawa keton yang diperoleh dari tanaman Rosemarinus officinalis atau dari Cinnamomum camphora, berbau tajam dan enak, berfungsi sebagai analgetika. Selain itu juga berkhasiat sebagai ekspektoran dan relaksan otot. Menthol adalah suatu senyawa yang terdapat dalam minyak atsiri spesies mentha.  Menthol dapat merangsang sensasi dingin, menimbulkan kreasi rasa hangat yang dingin dan mencegah rasa sakit untuk sementara. Sedangkan minyak eukaliptus diperoleh dari Eucalyptus globules, diketahui mengandung bahan aktif sineol minimal 70%. Berfungsi sebagai karminatif (mengeluarkan angin), analgesik, obat batuk dan selesma, sinusitis, dan antiiritasi.

      Nah, berhubung orang Indonesia itu sangat kreatif, saking kreatifnya sampai-sampai obat untuk penggunaan luar pun ditelan. Apa efeknya jika vicks vaporub ditelan? Camphor itu memiliki sifat racun apabila tertelan dan terserap ke dalam tubuh. Camphor akan menyebabkan kematian sel-sel hati yang seharusnya memetabolisme racun di dalam tubuh. Pernah dilaporkan adanya kasus bayi usia 2 bulan yang mengalami pembengkakan hati setelah ibunya mengoleskan vicks vaporub ke dada dan perutnya 3 kali sehari selama 5 hari berturut-turut.

      Penggunaan vicks vaporub pun tidak boleh secara langsung diaplikasikan di depan lubang hidung atau dioleskan pada hidung karena sifatnya mempengaruhi produksi lendir di saluran napas. Pernah diuji pada musang yang memiliki organ pernapasan mirip manusia, ternyata vicks vaporub meningkatkan produksi mukus hingga 59 % dan kemampuan untuk mengeluarkan mukus berkurang 36%.

      Itulah kenapa dari produsennya sendiri sudah memberikan aturan pakai sebagai obat luar, tidak boleh langsung dipakai di bawah lubang hidung (apalagi digosokkan), juga tidak berlaku untuk bayi di bawah 2 tahun. Apalagi ditelan sebagai campuran minuman, kalau itu mah cara pengobatan yang kebablasan.

      Ingat ya, obat itu bisa menjadi racun apabila melebihi indeks terapetiknya! Maka, jangan terlalu kreatif-lah dalam menggunakan obat. Baca aturan pakai dan gunakan sesuai petunjuknya saja. Demikian, semoga bermanfaat.

      Ditulis Oleh : Unknown ~ Berbagi Kebersamaan Dalam Islam

      Artikel Menelan Vicks Vaporub, Bahayakah? ini diposting oleh Unknown pada hari 08 December 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

      :: Terima kasih ! ::

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news

       
      Thanks to FADHLURRAHMAN From Otam Farrell