-->

    • >
    • 08 December 2012

      Multivitamin Tablet Effervescent, Pilih yang Mana?

      Seiring dengan perkembangan kemampuan ekonomi masyarakat, parahnya tingkat radiasi di lingkungan serta gaya hidup yang semakin modern, tak ayal ikut meningkatkan pamor suplemen makanan, salah satunya adalah multivitamin. Multivitamin sendiri terdiri dari berbagai macam sediaan, namun kali ini aku hanya ingin memfokuskan pembahasan pada multivitamin tablet effervescent yang banyak digandrungi konsumen.

      Kenapa banyak orang menyukai multivitamin tablet effervescent ini dibandingkan bentuk sediaan yang lain, misalnya sirup atau tablet? Kebanyakan jawabannya adalah multivitamin tablet effervescent ini praktis dan enak dikonsumsi, apalagi bagi mereka yang kesulitan menelan tablet. Permasalahan yang timbul adalah banyaknya produk multivitamin tablet effervescent ini, sedangkan konsumen bingung memilih mana yang cocok. Akhirnya banyak yang suka pilah-pilih sembarangan, yang rasanya enak lah, yang harganya mahal lah, yang komposisinya lengkap lah. Padahal, penggunaan multivitamin ini seharusnya sesuai kebutuhan tubuh saja, tak boleh sembarangan digunakan apalagi secara terus-terusan.

      Berikut beberapa pilihan multivitamin tablet effervescent beserta penjelasan komposisi dan kegunaannya, sehingga bisa dijadikan referensi dalam memilih multivitamin yang tepat guna.

      Redoxon Double Action – Bayer
      Tersedia dalam dua pilihan rasa yaitu jeruk dan blackcurrent. Tiap tablet mengandung vitamin C 1000 mg dan zinc 10 mg. Berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, baik digunakan pada saat flu, demam, skorbut, gusi berdarah, masa penyembuhan luka, dan pasca operasi. Harganya Rp 27.000, 00 per 10 tablet.

      CDR – Bayer
      Ada berbagai macam jenisnya, antara lain CDR rasa jeruk atau fruit punch, CDR Fortos, dan CDR Fortimun. Tiap tabet CDR mengandung kalsium 250 mg, viamin C 1000 mg, vitamin D 300 IU, vitamin B6 15 mg. Berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang pada orang dewasa, memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil dan menyusui, baik untuk masa pertumbuhan dan penyembuhan. Harganya Rp 27.200, 00 per 10 tablet.
      CDR Fortos mengandung kalsium 600 mg dan vitamin D 400 IU. Jika dibandingkan dengan CDR biasa maupun Protecal Solid, kandungan kalsium dalam CDR Fortos ini lebih besar. Dikhususkan untuk pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi, juga bisa dapat mencegah osteoporosis. Harganya Rp 30.300, 00 per 10 tablet.

      CDR Fortimun merupakan pengembangan produk CDR-Bayer yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, terutama pada usia lanjut.

      Protecal – Konimex
      Ada dua macam variasi multivitamin Protecal, yaitu defense dan solid. Protecal defense mengandung vitamin C 1000 mg, zinc 10 mg, dan Echinacea extr 25 mg. Hampir sama seperti Redoxon, tapi memiliki keunggulan triple action karena ada komponen Echinacea extr yang sangat efektif untuk penderita flu. Harganya 23.400, 00 per 10 tablet, juga tersedia dalam bentuk sachet Rp 2.400, 00 per sachet.

      Protecal solid mengandung kalsium 250 mg, vitamin C 1000 mg, vitamin D 300 IU, dan vitamin B6 15 mg. Sama persis dengan CDR. Berfungsi untuk masa pertumbuhan dan penyembuhan, memenuhi kebutuhan kalsium pada wanita hamil dan menyusui, pasca operasi, menjaga kesehatan tulang dan gigi. Harganya sama dengan Protecal defense.

      Supradyn – Bayer
      Mengandung multivitamin lengkap meliputi: vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, biotin, asam folat, kalsium, magnesium, ferum, mangan, fosfor, tembaga, seng, molibden. Berfungsi untuk memulihkan kondisi tubuh yang menurun, misalnya sehabis sakit dan membantu memenuhi kebutuhan multivitamin, mineral, dan mikroelemen.

      Mikroelemen ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil bagi tubuh, jadi sebaiknya penggunaan multivitamin ini jangan terlalu sering. Harganya Rp 30.800, 00 per 10 tablet.

      Berocca Performance – Bayer
      Mengandung vitamin B komplek, vitamin C, botin, asam folat, magnesium, kalsium, seng, dan ginseng ekstrak. Berfungsi untuk membantu memenuhi kebuthan vitamin dan mineral, membantu metabolisme tubuh, adanya ginseng ekstrak dapat memulihkan stamina dan konsentrasi.
      Cocok bagi mereka yang banyak beraktivitas dan menuntut kondisi tubuh yang prima setiap saat. Harganya Rp 35.800, 00 per 10 tablet.

      Demikian ulasan singkat mengenai multivitamin tablet effervescent, semoga memudahkan dalam memilih mana yang seharusnya dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Pesan penulis, jika gak terlalu butuh lebih baik dihindari penggunaan suplemen makanan seperti ini. Akan lebih bijaksana jika anda mengkonsumsi gizi seimbang dan istirahat cukup untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit.

      Ditulis Oleh : Unknown ~ Berbagi Kebersamaan Dalam Islam

      Artikel Multivitamin Tablet Effervescent, Pilih yang Mana? ini diposting oleh Unknown pada hari 08 December 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

      :: Terima kasih ! ::

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news

       
      Thanks to FADHLURRAHMAN From Otam Farrell